My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Jumat, 05 September 2014

Makanan Khas Probolinggo

1. Ketan Kratok Khas Kota Angin Probolinggo Yang Bikin Kratok Lidah Penikmatnya.

ketankratok 
          Probolinggo , Jawa Timur – Bagi Anda yang biasa melakukanperjalanan ke arah timur atau daerah Tapal Kuda dari Surabaya dan kota-kota sekitarnya menuju Banyuwangi atau Pulau Bali, tentunya akan melewati Kabupaten Probolinggo. Dan sudah menjadi kebiasaan bagi para para kuliner untuk selalu singgah di kota yang terkenal dengan sebutan Angin Gending ini , serta tentunya berburu kuliner.           Karena kesempatan ini menjadikan berbeda berburu kuliner yang tidak dijumpai sehari-hari di tempat tinggal atau disekitar kita bekerja selama ini, dan sudah menjadi buah bibir bahwa kuliner di daerah jawa timur selain murah tentunya nikmat dan cocok di lidah orang Indonesia pada umumnya. Seperti halnya salah satu wisatawan yang di jumpai reporter INC saat singgah di salah satu pasar di Kabupaten Probolinggo ini
” Saya selalu singgah ke kedai Oncer dan ketan Kratok di pasar Dringu, karena makanan ini selalu membawa kesan saat saya harus kembali ke kota tempat kerja saya ” ujar Sudarsi warga kota Blitar.
          Jajanan khas yang mudah ditemui di pasar tradisional yaitu Ketan Kratok. memang nama terkesan aneh khususnya bagi orang yang belum melihat jajanan ini . Nama kratok mungkin belum pernah terdengar karena menurut warga, kratok ini memang hanya bisa ditemui di Probolinggo saja. Kratok adalah sejenis kacang koro, berukuran kecil dan untuk mengolahnya membutuhkan ketelatenan.
Setelah direndam kemudian dicuci bersih, baru kacang koro ini bisa diolah. Bila salah mengolahnya maka rasanya akan menjadi pahit. Kratok ini bisa dimasak menjadi sayur lodeh atau dicampur dengan ketan. Dalam penyajiannya ketan kratok ditaburi dengan parutan kelapa dan cairan gula merah atau biasa disebut juruh.
          ” Ketan Kratok rasanya gurih sedikit asin, dan manis Gula merah juga membuiat lidah penikmatnya akan merasakan sensasinya” imbuh Sudarsi.
Ketan kratok ini , menjadi kan para wisatawan kuliner dari kota kota di luar Probolinggo ataupun dari Kota Probolinggo sendiri akan selalu mencari dan ini merasakan sensasi nikmat nya makanan ini.

Sumber : http://www.inspirasinusantara.com/ketan-kratok-khas-kota-angin-probolinggo-    yang-bikin-kratok-lidah-penikmatnya/

0 komentar:

Posting Komentar