My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Jumat, 05 September 2014

Ciri Khas Probolinggo


            Batik Bercorak Manggur Khas Kota Probolinggo




                Satu lagi keunikan datang dari Kota Probolinggo. Tidak seperti di daerah lain pada umumnya, batik khas Kota Probolinggo bercorak Mangga dan Anggur.
          Sebagai salah satu ikon Kota Probolinggo, buah Mangga dan Anggur menjadi identitas bagi para pengrajin batik di kota yang terkenal sebagai Bayuangga (Bayu, Angin, Anggur dan Mangga).
Sejarah tentang Batik Manggur dimulai pada tahun 1883, yang ditandai dengan pameran khusus Batik Probolinggo di Amsterdam Belanda dengan total 150 motif. 
           Batik Khas Kota Probolinggo dengan motif yang terkesan alami, diambil dari motif-motif yang bernuansa alam seperti motif Anggur, Mangga, Bayu, dan Angin, atau perpaduan dari unsur keempatnya, sehingga memberikan nuansa alami dan khas bagi para penggemar kain atau pakain batik.
“Batik Khas Kota Probolinggo mempunyai nuansa keunikan seperti motif Anggur dan Mangga, karena Anggur dan Mangga ini merupakan salah satu ciri khas Kota Probolinggo,” ujar Sofiah pengrajin Batik Khas Kota Probolinggo asal Triwung Kidul, Minggu (28/10).
           Sofiah juga menambahkan, bahwa pembuatan corak atau motif Batik Khas Kota Probolinggo harus menguasai tekhnik pembuatan batik secara manual atau batik tulis dengan nuansa alami seperti unsur Bayu, Angin, Anggur dan Mangga (Bayuangga), sehingga batik mempunyai corak khas dan berbeda dengan batik-batik yang lain.
“Batik Khas Kota Probolinggo yang asli dibuat secara tradisional atau jenis batik tulis yang bermoif alamiah, cara pembuatannya yaitu dengan cara menggambar batik, terus memakai malam, setelah itu diwarnai sesuai dengan motif. Kalau mangga biasanya berwarna hijau, kalau Anggur pakai warna ungu dan memakai water glass, dicuci rebus, kemudian dicuci memakai air hangat dan dikeringkan,” jelasnya.
        “Batik Khas Kota Probolinggo, ini sepenuhnya didorong oleh Pemkot Probolinggo untuk berkembang dan menjadi salah satu identitas Kota Probolinggo, yang diakui masyarakat Indonesia,” tutupnya. 

Sumber : http://pedomannews.com/berita-kota-probolinggo/17212-uniknya-batik-bercorak-manggur-khas-kota-probolinggo

0 komentar:

Posting Komentar